Senin, 24 Agustus 2015

Penyebab wasir



Wasir dapat timbul akrena berbagai sebab. Feses yang keras dan mengedan terlalu kuat untuk mengeluarkan feses yang keras tersebut sering menyebabkan seseorang menderita wasir. Makanan pun bisa menyebabkan terjadinya wasir, seperti memakan makanan yang pedas dan mengandung alkohol.
Ada beberapa kebiasaan penderita penyakit wasir yang bisa mengurangi atau menghambat aktivitas sehari-hari, seperti kebiasaan jongkok terlalu lama ketika BAB. Dengan mengetahui penyebab yang bisa mencetuskan terjadinya wasir, diharapkan Anda bisa memperbaiki pola hidup agar bisa terhindar dari penyakit wasir.
Penyebab Wasir
Penyebab Wasir
Di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai hal-hal yang dapat menjadi penyebab wasir :
1. Penyebab Wasir Kebiasaan mengedan terlalu kuat
2. Kebiasaan jongkok terlalu lama
3. Kebiasaan mengangkat barang berat
4. Terlalu banyak duduk
5. Berdiri terlalu lama
6. Kurang minum
7. Kurang serat
8. Diare menahun
9. Faktor keturunan jika ada keluarga yang menderita wasir
Penyakit wasir merupakan suatu keadaan dari pembuluh vena pada sekeliling anus atau juga rektum bagian bawah mengalami peradangan dan juga pembengkakan. Ambeien atau wasir bisa terjadi akibat buang air besar dengan proses mengejan terlalu kuat. Dan selain itu, penyebab wasir lainnya adalah karena faktor kehamilan, faktor usia lanjur dan juga susah buang air besar atau konstipasi, terlalu lama duduk bisa meningkatkan resiko pada seseorang untuk mengalami masalah wasir atau ambeien. Wasir memang tidak berbahaya namun sangat mengganggu. Dan pada dasarnya penyakit wasir ini bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.
Tanda atau gejala yang muncul dari penyakit wasir atau ambeien adalah pendarahan namun tidak ada rasa sakit yang muncul saat sedang buang air besar. Namun demikian, darah yang keluar bersamaan dengan adanya kotoran atau feses ini bisa disebabkan karena masalah lain misalnya adalah kanker usus. Jika Anda mendapati adanya darah di dalam feses Anda, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter Anda.
Gejala dari penyebab wasir adalah salah satunya susah buang air besar dan terasa masih tidak tuntas atau selesai walaupun sudah tidak ada lagi yang harus dikeluarkan. Dan selain itu juga, Anda akan merasakan seperti rasa perih, rasa gatal, dan juga iritasi pada daerah anus. Hal ini dirasakan terutaa jika ambeien keluar dari dalam anus. Biasanya benjolan ini akan masuk dengan sendirinya namun juga bisa didorong dengan bantuan tangan Anda. Namun, untuk kasus yang lebih parah lagi bisa menyebabkan benjolan ini menjadi permanen dan harus melakukan operasi atau pembedahan.
Gejala dari penyakit ambeien luar adalah pembengkakan yang terasa nyeri dan juga benjolan yang keras pada anus yang bentuknya adalah seperti gumpalan darah. Selain itu, rasa sakit biasanya akan lebih besar saat sedang buang air besar atau juga saat sedang duduk.
Penyebab wasir berdarah bisa disebabkan karena pembuluh darah pada anus yang mengalami pembengkakan. Dan biasanya pembengkakan ini bisa mengakibatkan pembuluh darah menjadi pecah dan menjadi berdarah. Pada penyakit wasir internal, pendarahan yang terjadi adalah pembuluh darah di rektum yang mengalami pembengkakan. Dan baisanya tidak akan menimbulkan rasa sakit saat terjadi pendarahan saat sedang buang air besar. Penyebab wasir berdarah ini adalah karena dinding vena dan juga katup pada rektum yang lemak. Selain itu, mengalami masalah konstipasi atau sembelit yang parah, mengejan terlalu kuat saat sedang buang air besar. Terjadinya tekanan yang berlebih pada pembuluh darah di anus akibat dari tekanan yang bisa disebabkan oleh adanya suatu aktivitas misalnya adalah karena duduk terlalu lama. Akibat hipertensi pada vena, akibat asupan makanan kafein dan alkohol, masalah kehamilan. Banyak juga ibu hamil yang mengalami wasir atau ambeien.Akibat menggaruk-garuk urat halus. Dan memakai celana yang terlalu kuat yang mengalami gesekan dengan dubur atau anus.
Terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan dari penyakit wasir atau ambeien. Yakni seperti buah durian, buah salak, makanan yang mengandung santan, cabai, jenis minuman yang mengandung alkohol dan soda, makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, makanan olahan, makanan berlemak, dan makanan atau juga minuman yang terlalu panas.
Cara mencegah penyakit wasir ambeien adalah :

1.       Konsumsi buah dan juga sayuran segar yang kandungan seratnya tinggi, makanan lunak dan juga makanan yang teksturnya halis.
2.      Hindari jenis makanan yang terlalu panas, pedas, asam, keras, serta makanan yang mengandung lemak dan juga karbohidrat yang tinggi, hindari jenis makanan seperti goreng-gorengan, daging kambing, makanan yang dibakar, makanan yang diawetkan.
3.      Hindarilah masalah sembelit  atau susah buang air besar, mengejan terlalu keras dan jangan lama-lama di dalam toilet karena akan menyebabkan tekanan berlebih pada anus.
hadziq.berkahherbal.com

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus