Sabtu, 29 Agustus 2015

Penjelasan Singkat Penyakit Hernia

Penyakit hernia merupakan penyakit yang mulai berkembang dan semakin dikenal di masyarakat, baik pada Negara maju maupun berkembang. Sakit hernia adalah pembukaan atau kelemahan dalam struktur otot dinding perut. Cacat ini menyebabkan peninjolan dari dinding perut. Hal ini lebih terlihat ketika otot-otot perut dikencangkan, sehingga meningkatkan tekanan dalam perut. Setiap kegiatan yang meningkatkan tekanan intra-abdomen dapat memperburuk penyakit hernia; contoh kegiatan tersebut mengangkat, batuk, atau bahkan berusaha untuk buang air besar. Pengertian hernia menurut kamus kedokteran Dorland edisi 29 adalah penonjolan gelung atau ruas organ atau jaringan melalui lubang abnormal.
Lokasi yang paling umum untuk penyakit hernia adalah lipat paha (inguinal) sehingga ada jenis penyakit hernia yang disebut dengan hernia inguinal. Ada beberapa alasan mengapa terjadi kecenderungan pada penyakit hernia inguinal. Pertama, ada kelemahan anatomis alam di wilayah selangkangan yang dihasilkan dari cakupan otot lengkap. Kedua, posisi tegak hasil postur manusia dalam kekuatan yang lebih besar mendorong ke arah bawah perut, sehingga meningkatkan tekanan pada jaringan-jaringan yang lebih lemah. Jenis lain penyakit hernia, disebut hernia ventral, terjadi di garis tengah perut, biasanya di atas pusar (umbilicus). Jenis penyakit hernia ini biasanya tidak nyeri. Selain itu ada juga kasus penyakit hernia yang terjadi dalam pusar.

Dari Gejala Hingga Manajemen Penyakit Hernia

Gejala umum sakit hernia adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan dan pembengkakan lokal di suatu tempat di permukaan perut atau di daerah selangkangan. Epigastrium, umbilical, insisional, hernia lumbal, internal, dan Spigelian semua terjadi di lokasi yang berbeda di atas perut di daerah yang rentan terhadap kelemahan anatomis atau struktural.
Sebuah manajemen penyakit hernia membutuhkan operasi. Ada beberapa prosedur yang berbeda yang dapat digunakan untuk setiap jenis hernia. Dalam pendekatan bedah terbuka, berikut anestesi yang tepat dan sterilisasi dari bedah, sebuah insisi dibuat di atas area hernia dan dibawa turun hati-hati melalui lapisan jaringan berurutan. Tujuannya adalah untuk memisahkan segala jaringan normal dan menentukan margin dari lubang akibat penyakit hernia. Setelah ini telah dicapai, lubang tersebut kemudian ditutup, biasanya dengan beberapa kombinasi dari jahitan dan mesh plastik. Perbaikan sakit hernia dengan mesh telah terbukti menjadi sarana yang sangat efektif dalam manajemen penyakit hernia.

hadziq.berkahherbal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar