Rabu, 05 Oktober 2016

21 Manfaat Jahe yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jahe

Manfaat jahe. Jahe atau dengan bahasa latin Zingiber Officinale merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer untuk digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Rimpangnya yang berbentuk jemari yang menggembung pada ruas-ruas tengah. Rasa pedas yang dominan pada jahe disebabkan karena senyawa keton bernama zingeron.

Manfaat jahe dapat digunakan untuk dijadikan sebagai penghangat tubuh. Terlebih pada cuaca yang dingin atau sedang hujan terus menerus. Sangat cocok untuk mengkonsumsi jahe supaya tubuh menjadi lebih hangat. Jahe juga sering dibuat sebagai wedang yang dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh. Berikut ini manfaat jahe.

Manfaat Jahe

  1. Melancarkan peredaran darah
  2. Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

  3. Perut kembung
  4. Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus.

  5. Mengobati migrain
  6. Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah. engan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

  7. Menurunkan tekanan darah
  8. Jahe dapat untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

  9. Menurunkan berat badan
  10. Jahe seperti yang disebutkan diatas bahwa jahe dapat melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh dan jahe hanya mengandung sedikit kalori yang terkandung, sehingga tidak berkontribusi untuk menaikan berat badan. Mengkonsumsi jahe dengan cara membuat wedang setiap hari dapat menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh.

  11. Mengobati sakit gigi
  12. Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata dapat juga dicegah dengan meminum minuman air jahe. Hal ini karena jahe bersifat antijamur dan antibakteri.

  13. Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur
  14. Manfaat jahe salah satunya dapat bermanfaat untuk menjaga keteraturan siklus menstruasi bagi wanita. Di negeri China misalnya, jahe yang kemudian dicampurkan dengan gula merah dalam teh banyak dikonsumsi untuk mengurangi rasa kram pada saat datang bulan.

  15. Membuat tubuh perkasa
  16. Kandungan senyawa yang terdapat jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya efektif dalam hal untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa dapat disimpulan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.

  17. Sebagai obat jerawat
  18. Pada sebuah penelitian yang sebelumnya suda dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, untuk membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Karena apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi jahe dapat mengakibatkan efek samping seperti mules, iritasi, dan diare.

  19. Obat mabuk perjalanan
  20. Terlebih untuk yang sering mengalami mabuk dalam perjalanan, sebaiknya mengkonsumsi minuman jahe. Rempah-rempah yang satu ini diyakini dapat mengurangi rasa mual juga menyembuhkan jet lag.

  21. Bersifat anti alergi
  22. Manfaat jahe bersama ekstrak biji anggur dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang seringkali dapat terjadi selama musim alergi.

  23. Mengobati morning sickness
  24. Rasa mual, perut kembung dan rasa ingin muntah pada pagi hari, termasuk pada wanita yang sedang hamil. Morning sickness dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan minuman jahe.

  25. Mengangkal radikal bebas
  26. Jahe mengandung kandungan antioksidan yang mampu untuk dapat mengatasi efek merusak karena disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

  27. Peradangan
  28. Jahe seperti pada nomor 1 bahwa jahe memiliki kandungan senyawa yang dinamakan gingerol. Senyawa gingerol ini bertanggung jawab untuk sebagai aroma menyengat dan khasiat anti-inflamasi. Pada saat mencari obat anti peradangan pastikan obatnya memiliki kandungan gingerol.

  29. Arthritis
  30. Ekstrak jahe yang juga bermanfaat pada penderita arthritis dan osteoarthritis. Kandungan pada jahe sudah diyakini mengandung komponen yang dapat menghambat COX, dimana COX merupakan salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab tentang timbulnya peradangan. Obat resep penghambat COX ini biasanya memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh. Manfaat jahe sebagai salah satu obat herbal alami dapat memiliki khasiat yang serupa dan tanpa efek samping.

  31. Membersihkan kotoran dalam tubuh
  32. Apabila sering mengkonsumsi jahe secara rutin dengan cara diseduh, hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan berbagai jenis kotoran jahat yang terdapat dalam tubuh.

  33. Memerangi sel kanker
  34. Kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe dapat bermanfaat unutk membantu meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Pada sejumlah studi mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak jahe dapat untuk memerangi beragam jenis kanker seperti kanker ovarium dan kanker usus.

  35. Menurunkan kolesterol
  36. Pada sejumlah studi bahwa telah menunjukkan dengan mengkonsumsi jahe secara dapat secara efektif untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan juga hati. Kandungan gingerol terdapat dalam jahe juga memiliki efek yang bersifat antikoagulan yang mampu untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Kandungan pada jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin yang pada akhirnya dapat memperlancar aliran peredaran darah.

  37. Mengobati luka gigitan ular
  38. Cara menggunakan jahe untuk mengobati luka gigitan ular dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, lalu tempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun dan ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama, untuk penanganan lebih lanjut penderita dibawa ke rumah sakit.

  39. Meredakan rasa sakit
  40. Pereda rasa sakit alami dan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Cara menggunakan dengan minum wedang jahe 3 kali sehari atau bisa juga dengan minum wedang ronde, mengulum permen jahe, dan menambahkan jahe pada makanan seperti : soto, semur, atau pun rendang.

  41. Pereda nyeri dan sendi kaku
  42. Dalam sebuah uji klinis bahwa dapat disimpulkan jahe ternyata dapat menghilangkan rasa sakit seperti yang saya sebutkan diatas, meningkatkan pergerakan pada sendi, serta mengurangi pembengkakan yang terkait dengan rheumatoid arthritis. Manfaat jahe yang lainnya juga dapat untuk membantu meredakan nyeri pada punggung dan sakit kepala seperti migrain.
Nah itulah 23 manfaat jahe yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dapat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi ataupun dapat digunakan sebagai obat jerawat dan sebagainya

Baca Selengkapnya21 Manfaat Jahe yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

Selasa, 04 Oktober 2016

Cara Membuat Tape Ketan Manis dan Enak

Pernah makan tape ketan? Itu lho makanan yang terbuat dari ketan dan biasanya dibungkus dengan daun pisang. Sama kalau di tempat saya biasanya dinikmati bersama dengan eping melinjo.
Kalau pengen mencicipi makanan ini, kamu bisa kok membelinya di pasar tradisional. Malahan, kalau ada acara syukuran, hajatan, arisan atau mungkin pesta pernikahan di kampung, tape ketan juga dihadirkan sebagai jamuan untuk tamu yang datang.
Tapi, kalau kamu pengen makan tape ketan tapi ternyata udah cari dimana-mana nggak nemu juga, mending buat sendiri aja tuh. Siapa tau malah hasilnya lebih enak kalau bikin sendiri dari pada beli.
Tapi, ada satu hal yang perlu diingat, karena tape itu makanan yang harus difermentasi terlebih dahulu. Jadi, akan membutuhkan waktu yang agak lama sampai kita bisa menikmatinya.
Dari pada malah jadi ngelindur, mendingan langsung kita lihat aja resep dan cara membuat tape ketan. Sambil dicatat bahan-bahannya sambil langsung dicari ya.

1. TAPE KETAN PUTIH

Tape Ketan Putih
mamah-ella.blogspot.com
Tape ketan putih merupakan salah satu jenis tape yang ada di Indonesia. Cara membuat tape ketan putih ini tidaklah sulit, hanya perlu ketelatenan saja. Berikut ini beberapa bahan dan cara membuat tape ketan putih yang memiliki rasa manis dan enak.

BAHAN MEMBUAT TAPE KETAN PUTIH

  • 1 kg beras ketan putih
  • 1 butir ragi tape
  • Gula pasir secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus secukupnya
  • Lidi untuk menutup bungkusan daun pisang secukupnya

CARA MEMBUAT TAPE KETAN PUTIH

  1. Cuci beras ketan sampai bersih, lalu rendam selama kurang lebih 2 jam, setelah itu tiriskan.
  2. Kukus beras ketan sampai matang, angkat dinginkan.
  3. Taburi ragi yang sudah dihancurkan dan diayak halus. Campur sampai benar-benar rata.
  4. Cairkan gula dengan sedikit air.
  5. Bungkus beras ketan yang sudah dicampur ragi tadi menggunakan daun pisang. Setiap bungkus jangan lupa diberi gula yang sudah dicairkan, sekitar satu sendok makan.
  6. Diamkan tape yang belum jadi tersebut selama kurang lebih 2 hari. Usahakan simpan pada tempat yang tertutup.
  7. Setelah 2 hari atau jika sudah tercium bau khas tape ketan artinya tape sudah siap dihidangkan.
  8. Tape ketan putih siap disajikan.

2. TAPE KETAN HITAM

Tape Ketan Hitam

halalmui.org
Tape ketan hitam sebenarnya mirip seperti tape ketan putih, cuma bahan dasarnya saja yang sedikit berbeda. Jadi, kamu bisa membuat tape ketan hitam ini bersamaan dengan pembuatan tape ketan putih.

BAHAN TAPE KETAN HITAM

  • 500 gram ketan hitam
  • 1 butir ragi tape
  • Daun Pisang Secukupnya

CARA MEMBUAT TAPE KETAN HITAM

  1. Bersihkan dahulu beras ketan hitam dengan cara dicuci sampai bersih. Lakukan pencucian dengan beberapa kali pembilasan agar benar-benar hilang semua kotorannya.
  2. Rendam beras ketan hitam yang sudah dicuci selama satu malam, setelah itu buang air rendaman dan bilas sampai bersih.
  3. Masukkan beras ketan hitam ke dalam panci, tambahkan air. Ukur ketinggian air sampai satu ruas jari telunjuk dari permukaan ketan hitam.
  4. Rebus ketan hitam di atas api sedang sampai mendidih. Sesekali aduk ketan hitam agar dapat kematangannya merata.
  5. Masak terus sampai air menyusut dan kering, kemudian angkat.
  6. Selanjutnya kukus ketan hitam tadi, dengan terlebih dahulu mendidihkan air dalam kukusan.
  7. Setelah air kukusan mendidih, masukkan ketan hitam yang sudah diaron.
  8. Masak selama kurang lebih 45-60 menit, setelah itu angkat.
  9. Siapkan nampan, tuangkan ketan hitam yang sudah matang ke nampan yang sebelumnya sudah dialasi dengan plastik bening.
  10. Diamkan ketan hitam agar panasnya menghilang.
  11. Setelah dingin, taburkan ragi tape yang sudah dihancurkan ke atas permukaan ketan hitam dengan menggunakan ayakan.
  12. Ratakan ragi dengan mengaduk ketan hitam, pastikan semua bagian sudah terkena ragi tape.
  13. Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, masukkan ketan hitam ke atas daun pisang, banyaknya sesuai selera.
  14. Diamkan ketan hitam yang sudah dibungkus selama 3-4 hari agar tape benar-benar jadi dan rasanya manis.
  15. Tape ketan hitam siap disajikan.
Nah, itu tadi resep dan cara membuat tape ketan, bagaimana? Cukup gampang kan cara membuatnya?
Ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat tape ketan ini. Pastikan peralatan yang digunakan saat pembuatan tape ketan ini sudah benar-benar bersih.
Jika peralatan yang digunakan masih kotor, dapat mempengaruhi hasil tapenya. Bahkan, tape ketannya bisa nggak jadi atau kita gagal bikin tape ketannya. Takaran pemberian ragi pun harus tepat, agar dihasilkan tape ketan yang enak dan manisnya pas.
Untuk lebih nikmat lagi saat makan tape ketan, kamu bisa memakannya bersama dengan emping melinjo. Atau kalau mau yang seger-seger, bisa juga tuh dibuat jadi es tape ketan. Kalau kamu suka donat, ada kok cara membuat donat kentang yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah, selamat mencoba.
Baca SelengkapnyaCara Membuat Tape Ketan Manis dan Enak

Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar


Tape memiliki rasa yang beragam ada yang rasanya manis, segar, ada juga yang rasanya kecut atau asam, itu tergantung pada saat pembuatannya. Tape memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, walaupun hasil dari fermentasi atau pembusukan namun dihalalkan dan tidak termasuk pada makanan yang memabukkan atau miras, namun tetap ada aturan aturan tertentu. 

Tape ada beberapa jenis dan bahan yang digunakan, namun umumnya tape terbuat dari bahan utama ketan dan singkong, dimana dua jenis makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan bagus untuk dibuat tape. Sebelumnya saya membuat Resep Tape Manis dan Nikmat Spesial Lebaranyang bahan utamanya adalah ketan hitam dan saya rasa anda sudah membacanya. Dan sekarang saya akan memberikan resep baru yaitu Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar


Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar

  1. Rinjing / wakul bambu 
  2. Baskom 
  3. Pisau pengupas 
  4. Panci 
  5. Sendok 
  6. Kompor 
  7. Saringan 
  8. Tampah bambu / nyiru 
  9. Saringan 
Bahan :
  1. Singkong 5 kg 
  2. Ragi 3 biji 
  3. Daun pisang 
Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar :
  1. Kulit singkong dikupas dengan cara menyayat kulit secara memancang lalu menarik bagian kulitnya.
  2. Setelah itu dikeringkan sampai lendirya hilang (sampai singkong terasa kesat). 
  3. Singkong dicuci bersih, kemudian dipotong kecil-kecil. 
  4. Masukan singkong kedalam panci, lalu rebus singkong sampai singkong sedikit retak lalu angkat dan cuci kembali dan kukus singkong ½ matang, lalu didinginkan dinyiru. 
  5. Bersihkan daun pisang yang akan digunakan untuk melapisi rinjing/bakul bambu sebagai media pemeraman singkong. 
  6. Haluskan ragi dengan cara menumbuk dengan sendok sampai menjadi serbuk. 
  7. Setelah singkong dingin, ragi ditaburkan secara merata. 
  8. Singkong yang telah beragi itu diatur kedalam rinjing/bakul bambu yang dilapisi dan dialasi dengan daun pisang yang bersih. 
  9. Tutup dengan daun rapat-rapat kemudian diperam selama 3 hari 2 malam. Selama pemeraman tidak boleh terkena tangan agar tape yang dihasilkan tidak kecut (asam). 
Itulah Resep Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar, cukup mudah namun membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun semuanya terobati jika hasil kita memuaskan dan memiliki tape dengan rasa yang enak manis dan seger. Baca Juga Resep Tape Manis dan Nikmat Spesial Lebaran Selamat Mencoba.
Baca SelengkapnyaCara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar

Inilah manfaat dan khasiat tape singkong




Tape adalah salah satu jenis olahan makanan asli khas Indonesia. Beberapa daerah yang terkenal dengan olahan tape adalah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa daerah lain. Tape merupakan makanan fermentasi yang dibuat dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong dan ketan. Nama tape didasarkan pada jenis bahan baku utama seperti tape singkong dan tape ketan. Tape banyak disukai oleh semua orang karena rasanya yang lembut, lezat, manis dan juga ada rasa khas yang tidak ditemukan dari makanan lain.

Ragi adalah bibit jamur yang digunakan untuk membuat tape. Agar pembuatan tape berhasil dengan baik, alat-alat dan bahan-bahan juga harus bersih, terutama dari lemak dan minyak. Alat-alat yang berminyak jika digunakan untuk pembuatan tape bisa menyebabkan kegagalan fermentasi. Air juga harus bersih. menggunakan air hujan bisa menyebabkan kegagalan dalam proses fermentasi.

Untuk membuat tape singkong, kulit singkong harus dibuang terlebih dahulu. Singkong dicuci bersih lalu dikukus dan ditempatkan pada keranjang bambu yang dilapisi daun pisang. Ragi disebar pada singkong dan lapisan daun pisang yang digunakan sebagai alas dan penutup. Keranjang tersebut kemudian diperam pada suhu 28-30 derajat C selama 2-3 hari.

Agar dihasilkan tape yang manis, selain lama fermentasi, pemberian ragi secukupnya serta penutupan yang sempurna selama proses fermentasi berlangsung juga harus diperhatikan.
Lamanya proses fermenstasi ini sebaiknya jangan lebih dari 3 hari. Sebab, jika lewat dari batas maksimum maka akan membuat tape menjadi lembek dan terasa masam.

Rasa masam tersebut disebabkan oleh pati yang diubah oleh enzim amilase menjadi gula (sukrosa). Enzim invertase mengubahnya lagi menjadi glukosa. Hasilnya berupa alkohol. Jika proses fermentasi terlalu lama, alkohol akan menghasilkan asam asetat sehingga dapat menghasilkan tape yang terasa masam.

PH atau kadar asam asetat yang tinggi dalam tape ddapat mempengaruhi cita rasa tape, malah dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Proses fermentasi yang terlalu lama dapat menghasilkan air tape yang cukup banyak, sehingga rasa manis pada tape akan berkurang.

Tape yang bermutu, dihasilkan dari proses fermentasi dan penggunaan bahan dasarnya secara benar. manfaatnya amat bagus untuk menghangatkan tubuh karena tape mengandung alkohol. Namun, jika dimakan dalam jumlah berlebihan, akan dapat berefek memabukkan.

Profesor Fleet, ahli mikrobiologi pangan dari Universitas New South Wales ketika membuka kuliahnya pada International Workshop on Food Fermentation di Pusat Antar Universitas (PAU) Pangan dan Gizi di UGM, pernah mengatakan, "Mengapa Anda tidak mengekspor tape ke negara kami? Tape bisa disukai oleh masyarakat di negara-negara Barat dan sulit dibuat di sana. Dengan membuat formulasi tape sedemikian rupa, mestinya Anda bisa mengekspor ke nagara kami. Anda mengkonsumsi yoghurt maupun keju. Itu semua dari negara Barat. Sebenarnya, dibanding dengan yoghurt maupun keju, dan dari segi nutrisi dan khasiatnya, tape tidak kalah hebatnya"."Bahkan, jika dilihat dari nutrisi dan khasiatnya, belakangan ini tape menjadi salah satu daya tarik para ahli mikrobiologi pangan negara-negara Barat, untuk mempelajarinya lebih mendalam." tambahnya lagi.

Bukan tanpa alasan Profesor Fleet mengatakan demikian. Sebab, berdasarkan penelitian yang pernah dilakukannya, tape ternyata kaya akan vitamin B1 yang diperlukan oleh otak, sehingga tape dapat menjadi sumber vitamin B1 sebagai pengganti beras putih. Hal ini disebabkan karena tape mengandung yeast segar yang mampu mensintesis vitamin B1.

Beras putih yang telah mengalami proses penggilingan dan penyosohan yang berlebihan, telah banyak kehilangan kulit ari yang mengandung vitamin B1. Bahkan kehilangan vitamin B1-nya bisa mencapai 80%. Selain itu, bila dicuci berulangkali sebelum dimasak, vitamin B1 akan berkurang lebih banyak lagi. Vitamin ini juga mudah rusak oleh panas yang berlebihan ketika beras dimasak menjadi nasi.

Sementara itu, anak-anak yang kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan mereka menjadi malas belajar, bahkan bisa terkena penyakit beri-beri. Vitamin B1 berfungsi sebagai koeenzim thiamin pirofostas yang mengkatalis karbohidrat, lemak, dan protein untuk menghasilkan energi. Kegagalan metabolisme energi tadi dapat mempengaruhi neuron dan fungsinya pada bagian tertentu dari sistem syaraf pusat.

Tubuh yang kekurangan vitamin B1 akan menjadi tidak bersemangat, gangguan pencernaan, saraf tidak bekerja dengan baik dan timbul rasa malas atau letih karena kekurangan energi pada otot. Hal ini akan cepat terasa pada makanan yang banyak mengandung karbohidrat, tetapi kurang vitamin B1.

Bahkan, orang tua jaman dahulu biasanya menganjurkan ibu yang habis bersalin membiasakan menambah makanannya dengan tape. Hal tersebut bertujuan agar kesegaran tubuh sang ibu akan cepat pulih kembali. Ini disebabkan Ibu yang baru melahirkan selain membutuhkan tenaga untuk memulihkan kesegaran tubuhnya, juga memerkukan tambahan zat gizi termasuk vitamin B1 untuk memproduksi ASI. Jadi, yang menyebabkan adanya energi penyegar pada tape adalah vitamin B1.

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Fleet juga mendapatkan hasil, bahwa tape ternyata juga mengandung vitamin B3. Vitamin B3 sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi stress dan membuat kita lebih santai.

Kelebihan lain dari tape adalah kemampuannya dalam mengikat dan mengeluarkan aflatoksin dari tubuh. Aflatoksin merupakan zat toksik atau racun yang dihasilkan oleh kapang, terutama Aspergillus flavus. Toksik ini banyak kita jumpai dalam kebutuhan pangan sehari-hari, seperti kecap. Kondumsi tape dalam batas normal diharapkan dapat mereduksi aflatoksin tersebut.

Di beberapa negara tropis yang mengkonsumsi singkong sebagai karbohidrat utama, penduduknya rentan menderita anemia. Hal ini dikarenakan singkong mengandung sianida yang bersifat toksik dalam tubuh manusia. Untuk itu , mengkonsumsi tape dapat mencegah terjadinya anemia karena mikroorganisme yang berperan dalam fermentasinya mampu menghasilkan vitamin B12.

Menghilangkan Jerawat
Wajah yang bernoda-noda hitam tentulah dapat mengurangi kecantikan atau ketampanan. Banyak sekali obat-obatan kosmetika yang dapat digunakan untul menghilangkan noda-noda hitam tersebut. Akan tetapi, kita harus berhati-hati dalam pemakaian obat-obatan tersebut, karena biasanya mengandung zat-zat kimia yang kalau tidak cocok dengan jenis kulit , maka hal itu justruakan dapat  merusak kulit kita. 

Untuk itu, tidak ada salahnya kita menggunakan tape sebagai resep tradisional untuk menghilangkan noda-noda hitam tersebut. Caranya adalah dengan mengkonsumsi satu piring kecil tape setiap hari.

Mengapa bisa demikian? Tape yang merupakan hasil fermentasi dari singkong memiliki kandungan alkohol. Nah, alkohol inilah yang berfungsi untuk menetralisir lemak dalam tubuh, salah satu penyebab jerawat adalah lemak yang berlebihan dalam kulit wajah. Dengan mengkonsumsi tape, maka alkohol akan menetralisir lemak yang berlebihan di kulit wajah sehingga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.

Obat Luka bagi Penderita Diabetes 
Penderita diabetes bila memiliki luka. maka akan sangat susah sekali untuk sembuhnya. Nah, siapa sangka ternyata tape bisa menyembuhkan luka pada penderita diabetes. Pertama-tama bersihkan dulu luka dengan air hangat, lalu tempelkan tape singkong yang lembek pada luka. Balut dengan kain perban.

Menghangatkan Badan
Tape juga bisa meningkatkan kesehatan badan karena mengandung alkohol dalam kadar yang ringan. Orang yang merasa lemah dan badan yang kurang nyaman bisa mengkonsumsi tape untuk meningkatkan kondisi kesehatan badan. Tape akan membuat badan menjadi lebih hangat. Jenis tape yang sangat bermanfaat adalah seperti tape singkong. Tape ketan juga bisa memberikan manfaat ini namun khasiatnya kurang besar dibandingkan tape singkong.

Membantu Tubuh Lebih Berenergi
Tape adalah makanan yang terbuat dari singkong atau ketan. Bahan ini adalah sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Konsumsi tape akan memberikan efek yang sama seperti pada saat makan nasi atau jenis karbohidrat lain. Karbohidrat akan menjadi sumber energi yang sangat potensial untuk tubuh dan membantu pemecahan protein sehingga tubuh menjadi lebih bugar.

Bisa Meningkatkan Manfaat Seksual
Di beberapa daerah di Indonesia tape dimanfaatkan untuk meningkatkan nafus seksual. Bagi pasangan suami istri yang memiliki masalah gangguan fungsi seksual bisa menggunakan tape sebagai makanan terapi yang sangat baik. Tape mengandung sumber energi yang bisa meningkatkan gairah seksual secara bertahap.

Diet
Tape adalah makanan yang mengandung lemak yang rendah. Tapi tape mengandung karbohidrat yang cukup baik. Selain itu tape juga mengandung serat larut dalam air yang bisa membuat organ pencernaan menjadi lebih baik. Kondisi inilah yang membuat tape bisa menjadi obat untuk menurunkan berat badan secara alami.

Sumber Probiotik
Manfaat tape singkong selanjutnya yang tidak kalah penting adalah sebagai probiotik. Proses fermentasi yang melibatkan berbagai jenis mikroorganisme ternyata sangat baik untuk menghasilkan cairan probiotik. Kandungan air yang biasanya terdapat pada tape singkong maupun tape ketan bisa menjadi zat yang sangat ampuh untuk melawan bakteri yang jahat dalam saluran pencernaan. Selain itu tape akan berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah racun.

Meningkatkan Sistem Syaraf dan Otot
Saat proses fermentasi tape maka berbagai proses kimiawi akan terjadi dengan cepat. Tanpa kita sadari ternyata proses fermentasi juga meningkatkan produksi tiamin yang berfungsi untuk meningkatkan sistem syaraf dan otot. Kondisi ini akan cepat kita rasakan karena setelah makan tape maka tubuh akan terasa lebih bertenaga dan peka.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan
Tape bisa menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Proses fermentasi tape dapat meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Kedua macam zat ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan dengan membunuh semua bakteri jahat dan membantu tugas bakteri baik. Bahkan konsumsi tape secara teratur akan efektif membuang racun dalam tubuh lewat sekresi dan mengurangi wasir.

Mencegah Anemia
Tape juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia. Penyakit ini disebabkan karena turunnya produksi sel darah merah sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan tidak bertenaga. Saat proses fermentasi tape maka ada berbagai jenis mikroorganisme yang meningkatkan produksi vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk mendukung produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah anemia.

Mengatasi Penyakit Darah Tinggi
Penyakit darah tinggi adalah jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Darah tinggi bisa meningkatkan berbagai jenis penyakit lain yang lebih berbahaya. Bagi orang yang memiliki penyakit darah tinggi bisa mengkonsumsi tape secara teratur. Tape menjadi sumber kalium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah, menjaga detak jantung dan memelihara kesehatan pembuluh darah.

Mencegah Pengeroposan Tulang
Tape singkong memiliki kandungan vitamin K yang sangat baik bagi kesehatan tulang. Selain itu, bermanfaat untuk menguatkan tulang, sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Sumber Karbohidrat
Singkong memang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, namun apabila sudah diolah kandungan karbohidrat tersebut meningkat, salah satunya olahan tape singkong.

Obat sakit maag
Tape singkong" juga dapat menyembuhkan penyakit maag dengan cara dikonsumsi pagi-pagi saat bangun tidur.

Atasi masalah wanita
Tape juga bisa membantu memperlancar menstruasi (bagi wanita)

Obat wasir
Tape bisa digunakan sebagai Obat alternatif untuk mengobati penyakit Wasir.

Hilangkan flek hitam
Dapat menghilangkan noda di wajah jika dikonsumsi setiap hari (1 piring kecil setiap hari).


Resiko jika makan tape berlebihan:

Semua jenis tape akan memberikan manfaat yang sangat banyak bila dikonsumsi dengan cara dan jumlah yang tidak berlebihan. Namun sebaliknya bila dikonsumsi secara berlebihan maka tape akan menimbulkan berbagai jenis gangguan penyakit. Berikut ini beberapa efek buruk dari makan tape yang terlalu banyak.
  • Konsumsi tape yang berlebihan akan membuat perut sakit karena saluran pencernaan yang tidak kuat dengan efek alkohol.
  • Konsumsi tape secara berlebihan juga akan meningkatkan resiko gangguan pada darah seperti keracunan darah atau penyakit lain.
  • Konsumsi tape yang tidak bersih bisa meningkatkan beberapa jenis potensi penyakit yang disebabkan karena bakteri dan virus.
  • Tape tidak layak bagi anak-anak, balita dan orang dewasa yang menderita penyakit gangguan kekebalan tubuh sehingga konsumsi tape harus dibatasi atau dicegah.
  • Konsumsi air dari tape yang berlebihan juga bisa menyebabkan keracunan dan mabuk.
Baca SelengkapnyaInilah manfaat dan khasiat tape singkong

Manfaat Pare Untuk Diet, Diabetes, Ibu Hamil dan Kecantikan

 manfaat-pare-diet-diabetes
Pare merupakan salah satu sayuran yang banyak manfaat. Manfaat pare untuk tubuh sangatlah banyak. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Rasa pahit yang ada dalam pare inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Jika dirasakan, rasa pahit dari pare tidaklah terlalu pahit tapi ada rasa pahit yang khas. Rasa pahit pare ini bisa dihilangkan tergantung bagaimana mengolahnya.

Manfaat Pare Untuk Diet Diabetes Ibu Hamil dan Kecantikan


Dalam pembahasan kali ini tidak akan membahas mengenai bagaimana menghilangkan rasa pahit dalam pare, tapi kita akan membahas apa manfaat dari pare untuk kesehatan tubuh.
1. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat sayuran pare yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi pare. Pare bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang bisa menghambat arteri di jantung.
2. Obat diabetes
Manfaat kedua dari pare yaitu sebagai obat diabetes. Manfaat pare untuk diabetes yaitu bisa menurunkan kadar gula yang ada dalam darah dan menormalkannya kembali. Rasa pahit yang ada di pare menjadi insulin atau obat diabetes. Selain itu kandungan anti-diabetes dalam pare dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Penderita diabetes bisa mengkonsumsi jus pare untuk menyembuhkan diabetesnya.
3. Mengatasi Asma
Rasa pahit yang ada pada pare dan dirasakan oleh indera pengecap ternyata bisa memperlebar saluran pernafasan. Hal ini sangat baik untuk perkembangan kesehatan pada penderita asma. Untuk Anda yang menderita asma perbanyaklah mengkonsumsi sayuran pare ini.
4. Melancarkan pencernaan
Manfaat pare untuk ibu hamil yaitu dapat memperlancar pencernaan. Ketika hamil pencernaan seringkali mengalami gangguan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi pare rutin setiap harinya. Para mengandung serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan.
5. Menurunkan berat badan
Pare juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Manfaat pare untuk diet yaitu dapat membuat cepat kenyang dan juga menurunkan nafsu makan. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, masukkanlah pare pada daftar konsumsi yang harus dikonsumsi. Untuk yang sedang menjalani program diet disarankan untuk meminum jus pare setiap harinya. Agar tidak terlalu pahit, Anda bisa mencampur dengan madu alami.
6. Memelihara kecantikan kulit
Tidak hanya untuk kesehatan saja, pare juga bisa menjaga kesehatan kulit. Manfaat pare untuk kecantikan yaitu dapat mengembalikan kecerahan kulit akibat terbakar oleh sinar matahari. Pare mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kulit lebih cantik dan juga bersinar.
7. Anti kanker
Kandungan antioksidan dalam pare sangat banyak. Antioksidan yang banyak ini dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh Anda.
Banyak sekali manfaat dari buah pare ini. Untuk Anda yang masih ragu menanam, tidak perlu ragu lagi tanamlah pare yang banyak mengandung manfaatnya. Manfaat pare sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Tidak perlu takut lagi dengan rasa pahit yang ada di dalamnya, yang terpenting yaitu manfaat yang bisa diambil dari sayuran pare.
Baca SelengkapnyaManfaat Pare Untuk Diet, Diabetes, Ibu Hamil dan Kecantikan

14 Manfaat Pare Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan

manfaat buah pare
Buah pare bukan cuma dijadikan masakan, tetapi juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.
Manfaat Pare – Pare ialah salah satu bahan makanan yang terkenal dengan rasa pahitnya yang begitu terasa. Sayuran yang identik dengan rasa pahit ini seringkali dihindari untuk dijadikan lauk makanan karena rasanya yang tak enak itu. Padahal, dibalik rasa pahit tersebut tersimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh hingga sisi kecantikan yang alami. Bahkan di beberapa negara lain justru menggunakan pare sebagai ramuan obat-obatan herbal dengan manfaat optimal. Begitu pula dengan mengonsumsinya ini bisa dijadikan bentuk perawatan tradisional yang terjadi secara disadari atau tidak. Sebenarnya, rasa pahit pada sayur pare ini tersimpan nutrisi lebih seperti kandungan karbohidrat, pigmen dan albumnoid. Masing-masing kandungan itulah yang memiliki khasiat luar biasa dan seringkali digunakan sebagai obat. Tetapi, yang lebih sering ialah untuk dijadikan lauk pauk dengan rasa pahit an sedikit gurih. Bahkan bisa pula rasa pahit itu diubah karena penggunaan dari bahan lain, sehingga pahit bisa hilang.

Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengkonsumsi pare/paria dengan rasa pahitnya ini, tersimpan enam khasiat lebih yang bisa diperoleh bagi tubuh. Selain dikonsumsi, pare ini bisa dijadikan sebagai ramuan kecantikan alami. Dari beberapa manfaat dari sisi kesehatan dan juga kecantikan ini antara lain:
1. Mengurangi pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh
Pare ini mampu menghambat sel kanker yang terjadi pada organ Pankreas. Karena, sayuran tersebut dapat memberikan pengaruh pada metabolisme glukosa yang ada pada kanker itu. Dalam artian, konsumsi pare dengan menjadikan sebagai jus dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terjadi pada organ tubuh pankreas ini.
2. Membantu program diet sehat
Dalam program diet ini dibutuhkan menu makanan yang rendah kalori dan sebagainya. Paria pun sangat cocok sebagai asupan yang mengandung rendah kalori, sehingga aman bagi program diet sehat tanpa menimbulkan lemak yang terus bertambah. Bahkan sangat baik pula untuk dikonsumsi pada penderita diabetes yang ingin menjalankan diet agar lebih lancar.
3. Sebagai ramuan herbal bagi diabetes
Bahwasannya, sayur paria ini memiliki kandungan dengan sifat hipoglikemik atau peran sebagai penurun kadar gula di dalam darah. Dalam artian, mengkonsumsi buah pare sama dengan menerapkan proses perawatan guna mendapatkan kadar gula dalam darah yang normal. Sayur pare tersebut dapat bekerja dengan rasa pahitnya sebagai penurun dari kadar gula yang lebih cenderung untuk naik. Untuk itu, Anda bisa mengkonsumsi pare sebagai pengontrol sekaligus penurun kadar gula dalam darah.
4. Melegakan pernafasan
Rasa sesak nafas yang ini seringkali pengganggu proses pernafasan pada diri seseorang. Dimana pada keadaan tak nyaman tersebut bisa segera hilang dengan pare. Bahwa sayur pahit ini mampu menjadikan sel-sel pengecap di saluran pernafasan untuk terbuka lebar. Pada kondisi seperti ini, membuat saluran terbuka lebar dan sirkulasi udara itu jauh lebih lancar dari sebelumnya. Baca juga artikel sebelumnya tentang obat asma tradisional.
5. Merawat kecantikan kulit
Seringkali sisi kecantikan pada diri seorang wanita menjadi terganggu oleh berbagai hal, seperti polusi, debu hingga pancaran sinar matahari. Masalah tersebut menjadikan kulit wajah terlihat jauh lebih kusam dan kusut, sehingga membuat penampilan menjadi menurun. Untuk masalah ini, pare bisa dijadikan sebagai masker wajah alami, caranya ialah mengolah pare sampai lembut dan dioleskan pada wajah. Pare tersebut dapat mengurangi masalah pada kulit wajah dan menjadikan wajah terlihat bersih dan segar. Terhindar dan terlepas dari masalah-masalah tersebut secara alami. Dengan begitu, kulit wajah senantiasa terjaga dan tetap cantik alami.
6. Menyuburkan rambut
Siapa sangka kalau tanaman yang satu ini punya khasiat untuk menyuburkan rambut. Lalu bagaimana cara memanfaatkannya? Gampang, segenggam daun pare dicuci bersih. Daun pare tersebut kemudian ditumbuk sampai seperti bubur, tambahkan air 3/4 gelas. Ramuan ini kemudian diembunkan semalaman. Pagi-pagi ramuan ini disaring, airnya dipakai untuk membasuh kulit kepala.
7. Menghitamkan Rambut
Selain dapat menyuburkan rambut, daun pare juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut yang kemerahan akibat sering terapar sinar matahari atau bawaan lahir. Ambil daun pare yang masih segar secukupnya, lalu dicuci bersih. Daun pare tadi ditumbuk sampai halus, lalu diperas dengan sepotong kain. Airnya dipakai untuk melumas kulit kepala. Lakukan setiap hari. Ramuan ini terutama digunakan untuk bayi dan anak balita.
8. Mengobati disentri
Bagi Anda yang menderita disentri, bisa disebuhkan dengan ramuan tradisional jus pare. Tapi tentunya rasanya sangat tidak enak. Bayangkan saja, rasa pahit pare dibuat sebagai jus. Caranya sih cukup mudah, buah pare segar dicuci lalu dibelah, isinya dibuang. Parut atau dijuice, airnya disaring dan diminum. Segera minum air matang setelah meninum ekstrak jus pare ini. Satu kali minum  200 cc, lakukan satu kali sehari saja.
9. Mengobati diare
Meskipun sama-sama menyebabkan sakit perut dan uang air besar, namun disentri dan diare memiliki penyebab yang berbeda. Maka dari itu, penanganannya juga berbeda. Di sini kita akan menggunakan akar pare, bukan daun maupun buahnya. Ambil akar pare yang masih segar sebanyak 30 g. Dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai  tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan gula pasir  secukupnya lalu diminum.
10. Biji pare obat cacingan
Anak anda cacingan? Pare bisa dimanfaatkan untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya, Ambil dua sampai tiga biji pare. Giling sampai halus, aduk dengan sedikit air masak. Minum, disusul dengan minum air hangat. Ramuan ini untuk pengobatan infeksi cacing gelang. Bisa juga menggunakan daunnya. Daun pare segar sebanyak 7 gram, diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Setelah dingin airnya disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus sebelum makan pagi.
11. Mengobati bisul/abses
Daun pare juga bisa kita jadikan sebagai obat bisul tradisional. Ambil segenggam daun pare, cuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya disaring, lalu minum. Lakukan pengobatan ini selama beberapa hari hingga bisul pecah atau kempes.
12. Mengobati kencing bernanah
Kencing bernanah bisa disebabkan adanya infeksi pada saluran kencing. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan ramuan tradisional dari daun pare. Siapkan 6 lembar daun pare, 2 jari akar jayanti, 2 jari kulit kemboja dan 1 jari  rimpang temulawak. Semua bahan dicuci dan dipotong-potong  seperlunya. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, lalu tambahkan gula aren secukupnya. Saring airnya dan minum 2 kali sehari.
13. Demam, malaria, sakit lever, sembelit
Penyakit-penyakit tersebut bisa diobati dengan ramuan daun pare berikut ini. Segenggam penuh daun paria dicuci bersih, lalu ditumbuk halus.  Tambahkan 1 cangkir air matang, diaduk merata lalu disaring. Air  saringannya ditambahkan sedikit garam, lalu diminum pada pagi hari sebelum makan.
14. Menghilangkan haus karena panas dalam
Saat menderita panas dalam, kadang kita suka merasa kehausan yang amat sangat. Untuk menghilangkannya bisa dengan mengkonsumsi ramuan herbal dari buah pare. Satu buah pare mentah yang masih segar dicuci bersih, lalu dibelah.  Buang isinya, potong-potong secukupnya, lalu direbus dengan 3  gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya disaring,  dan diminum.
Demikian artikel mengani manfaat pare untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan tradisional. Semoga bermanfaat.
ADA OBAT EKSTRAK ALAMI
Baca Selengkapnya14 Manfaat Pare Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan

Minggu, 02 Oktober 2016

Inilah 7 Manfaat Tersembunyi Wortel Bagi Tubuh Anda


     Sahabat, tips kesehatan. Wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki berbagai nutrisi serta vitamin yang di butuhkan oleh seluruh organ tubuh anda. Berdasarkan fakta yang telah terungkap, wortel merupakan sumber vitamin A yang sempurna. Vitamin A dalam wortel sangat baik untuk menjaga dan mempertahankah kesehatan tubuh anda. Tips kesehatan akan mengungkapkan berbagai manfaat sayuran orange tersebut dengan rinci. Berikut ini 7 manfaat tersembunyi wortel bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Penglihatan Yang Lebih Baik. Sumber betakaroten dalam wortel akan di ubah oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Maka tak mengherankan, jika seseorang rutin mengkonsumsi wortel dalam menu hariannya, maka organ matapun akan terjaga kesehatannya sepanjang waktu.
  2. Sayuran Anti Kanker. Wortel menjadi salah satu sayuran yang sangat efektif untuk menangkal berbagai jenis kanker yang sangat mematikan seperti kanker payudara, paru-paru serta usus besar. Ini dikarenakan adanya kandungan falcarinol serta falcarindiol yang mana bersifat antikanker dalam sebuah wortel.
  3. Jantung Yang Lebih Sehat. Kandungan betakaroten, alfa karoten serta lutein menjadikan wortel sangat di butuhkan oleh organ jantung. Ini dikarenakan. berbagai kandungan zat tersebut akan membuat anda terhindari dari berbagai gangguan atau serangan jantung.
  4. Gigi yang Lebih Sehat Dan Kuat. Wortel berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi dan gusi anda. Ini dikarenakan, wortel memiliki kandungan mineral tertentu yang dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu.
  5. Pencegah Stroke Yang Ampuh. Rutin mengkonsumsi sayuran orange atau wortel dapat mengurangi dan mencegah penyakit stroke yang bisa mengancam keselamatan nyawa dalam waktu sekejap. 
  6. Tampil Lebih Awet Muda. Kandungan betakaroten yang sangat tinggi dalam sebuah wortel dapat memperlambat penuaan sel. Sehingga membuat seseorang terlihat lebih awet muda meskipun usia terus bertambah.
  7. Pembersih Racun Pada Tubuh. Kandungan Vitamin A dalam wortel dapat membersihkan organ usus besar serta empedu dan lemak dalam organ hati anda secara alami serta efektif. INFO HERBAL LAINNYA
Baca SelengkapnyaInilah 7 Manfaat Tersembunyi Wortel Bagi Tubuh Anda