Minggu, 02 Oktober 2016

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Kulit dan Mata

Manfaat Wortel
 
manfaat Wortel untuk Kesehatan Kulit dan Mata – Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan salahsatu sayuran ini. Ya! wortel merupakan salahsatu sayuran yang biasanya dijadikan berbagai macam makanan dari mulai dijadikan sebagai sup, dibuat jus bahkan digunakan dalam berbagai masakan.
Wortel merupakan salahsatu tumbuhan yang didalamnya mengandung banyak karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Wortel memiliki rasa manis langu dan biasanya bagian wortel yang sering dimanfaatkan dan dikonsumsi yaitu pada bagian umbi atau bagian akarnya. Selain manfaatnya yang baik untuk mata, wortel juga masih memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya termasuk untuk kesehatan rambut dan juga kulit tubuh Anda.
Wortel memiliki berbagai kandungan zat didalamnya, diantaranya kalori, lemak, hidrat arang, fosfor, kalsium, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan juga vitamin C. Kandungan tersebutlah yang membuat wortel menjadi salahsatu sayuran yang memiliki banyak manfaat.

Manfaat Wortel

Biasanya wortel paling sering diolah menjadi jus wortel sehat, karena kandungan berbagai vitamin dan juga mineral yang ada didalam wortel sangatlah baik untuk kesehatan apalagi jika diolah dengan cara yang baik seperti dibuat menjadi jus, maka kandungan vitamin dan mineral yang ada didalam wortel tidak rusak dan tetap utuh sehingga manfaat jus wortel menjadi lebih optimal.
Jika dibandingkan dengan jenis sayuran lain wortel juga tidak kalah memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan, setidaknya dengan mengkonsumsi wortel secara berkala maka manfaatnya pun dapat dirasakan oleh tubuh.

Gambar Ilustrasi Arrtikel : Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Wortel bagi Kesehehatan

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat dan khasiat wortel bagi kesehatan tubuh Anda, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber :
1.) Baik untuk Mata
Kandungan vitamin A dan senyawa betakaroten yang ada didalam wortel dan juga lutein memiliki manfaat baik untuk meningkatkan penglihatan mata Anda. Selain itu manfaat dari senyawa ini mampu mencegah dari terjadinya penyakit glukoma, rabun senja sehingga mampu melindungi mata Anda.
2.) Memperkuat Sistem Imun
Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam wortel seperti anti-oksidan dan juga vitamin C memiliki khasiat yang baik bagi kekebalan tubuh seseorang sehingga tubuh mampu melindungi dari macam-macam penyakit yang menyerang.
3.) Menyehatkan Pencernaan
Manfaat wortel selanjutnya yaitu menyehatkan pencernaan tubuh. Produksi cairan pencernaan dapat dirangsang dengan menggunakan wortel dengan cara mengkonsumsi jus wortel 20 menit sebelum Anda makan. Selain itu adanya serat larut pada wortel juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan pada pencernaan Anda.
4.) Membuat Kulit Bercahaya
Dengan adanya kandungan vitamin A dan juga anti-oksidan pada wortel membuat kulit tetap bercahaya, karena dengan mengkonsumsi wortel/jus wortel mampu membuang racun yang berada pada tubuh sehingga kesehatan tuubuh Anda tetap terjaga.
5.) Mencegah Jerawat
Kandungan vitamin A yang ada pada wortel bisa bermanfaat untuk mempertahankan Ph normal pada kulit Anda. Wortel juga dapat mencegah dari imbulnya jerawat karena wortel memiliki anti-oksidan selain itu wortel juga dapat membantu dalam menyembuhkan jerawat yang sudah muncul.


6.) Mengatasi Rambut Rontok
Dengan adanya kandungan batekroten dan juga vitamin A yang ada pada wortel mampu menjadikan pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat. Selain itu kandungan kandungan vitamin esensial yang ada pada wortel juga mampu meningkatkan sirkulasi darah yang terjadi pada daerah kulit kepala sehingga dapat mengurangi masalah pada rambut Anda.
7.) Mencegah Penuaan Dini
Selain kadnungan antioksidan yang ada pada wortel, juga mempiliki kandungan nutrisi lain yang bermanfaat untuk mencegah dari terjadinya penuaan pada  kulit. Dengan mengkonsumsi wortel secara teratur akan membuat garis-garis halus dan juga kkerutan yang ada pada kulit dapat tersamarkan. Selain itu dengan mengkonsumsi wortel secara teratur juga dapat meningkatkan prodksi kolagen yang ada pada kulit sehingga kulit Anda tetap kencang.
8.) Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan vitamin A, kalsium, fosfor, beta karoten, dan nutrisi lainnya dipercaya mampu memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit seperti Penyakit Jantung, penyakit kanker, dan juga dapat menurunkan tekanan darah.
9.) Menurunkan Kolesterol
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University bahwa seseorang yang mengkonsumsi wortel dapat menurunkan resiko timbulnya Kolesterol Tinggi. kandungan serat yang tinggi dan juga kalori yang rendah dan lemak yang rendah dapat membantu dalam menurunkan kolesterol yang memiliki sifat dapat menghambat lemak dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
10.) Melawan Efek Buruk Radikal Bebas
Wortel adalah salahsatu jenis sayuran ini memiliki kandungan anti-oksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang bisa saja merusak tubuh dari dalam. Dengan mengkonsumsi wortel, resiko tubuh terkena radikal bebas, bisa diminimalkan.
11.) Mengurangi Resiko Kanker Payudara
Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan beta-karoten yang cukup setiap harinya, bisa mengurangi terjadinya resiko kanker payudara. Resiko dapat diturunkan sekitar 17%, dengan mengkonsumsi makanan seperti wortel yang didalamnya kaya akan anti-oksidan.
Manfaat Wortel diatas merupakan sebagian kecil dari manfaat wortel lainnya yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Dengan mengkonsumsi wortel dengan teratur dapat menjaga kesehatan Anda dan juga dapat mencegah dari berbagai penyakit lain yang dapat menyerang tubuh Anda.

Manfaat dan Khasiat Wortel

Anda bisa mengkonsumsi wortel dengan berbagai cara seperti dengan mengolahnya menjadi jus wortel, dimakan secara mentah atau bahkan Anda dapat mengkukusnya terlebih dahulu kemudian bisa Anda konsumsi. Tidak ada salahnya untuk menambahkan wortel dalam menu harian sehat Anda, karena wortel memiliki nutrisi yang tak kalah baiknya dengan berbagai sayuran dan buah-buahan lainnya.
Terimakasih telah membaca artikel manfaat dan khasiat wortel untuk kesehatan semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang berbagai manfaat dan khasiat yang ada dalam wortel. Anda juga bisa membaca berbagai artikel lainnya seputar kesehatan di situs HarianSehat.Com yang menyediakan berbagai informasi kesehatan dan gaya hidup sehat harian untuk Anda.
ADVERTISEMENT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar