Selasa, 04 Oktober 2016

Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar


Tape memiliki rasa yang beragam ada yang rasanya manis, segar, ada juga yang rasanya kecut atau asam, itu tergantung pada saat pembuatannya. Tape memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, walaupun hasil dari fermentasi atau pembusukan namun dihalalkan dan tidak termasuk pada makanan yang memabukkan atau miras, namun tetap ada aturan aturan tertentu. 

Tape ada beberapa jenis dan bahan yang digunakan, namun umumnya tape terbuat dari bahan utama ketan dan singkong, dimana dua jenis makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan bagus untuk dibuat tape. Sebelumnya saya membuat Resep Tape Manis dan Nikmat Spesial Lebaranyang bahan utamanya adalah ketan hitam dan saya rasa anda sudah membacanya. Dan sekarang saya akan memberikan resep baru yaitu Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar


Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar

  1. Rinjing / wakul bambu 
  2. Baskom 
  3. Pisau pengupas 
  4. Panci 
  5. Sendok 
  6. Kompor 
  7. Saringan 
  8. Tampah bambu / nyiru 
  9. Saringan 
Bahan :
  1. Singkong 5 kg 
  2. Ragi 3 biji 
  3. Daun pisang 
Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar :
  1. Kulit singkong dikupas dengan cara menyayat kulit secara memancang lalu menarik bagian kulitnya.
  2. Setelah itu dikeringkan sampai lendirya hilang (sampai singkong terasa kesat). 
  3. Singkong dicuci bersih, kemudian dipotong kecil-kecil. 
  4. Masukan singkong kedalam panci, lalu rebus singkong sampai singkong sedikit retak lalu angkat dan cuci kembali dan kukus singkong ½ matang, lalu didinginkan dinyiru. 
  5. Bersihkan daun pisang yang akan digunakan untuk melapisi rinjing/bakul bambu sebagai media pemeraman singkong. 
  6. Haluskan ragi dengan cara menumbuk dengan sendok sampai menjadi serbuk. 
  7. Setelah singkong dingin, ragi ditaburkan secara merata. 
  8. Singkong yang telah beragi itu diatur kedalam rinjing/bakul bambu yang dilapisi dan dialasi dengan daun pisang yang bersih. 
  9. Tutup dengan daun rapat-rapat kemudian diperam selama 3 hari 2 malam. Selama pemeraman tidak boleh terkena tangan agar tape yang dihasilkan tidak kecut (asam). 
Itulah Resep Cara Membuat Tape Singkong Mudah Manis dan Segar, cukup mudah namun membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun semuanya terobati jika hasil kita memuaskan dan memiliki tape dengan rasa yang enak manis dan seger. Baca Juga Resep Tape Manis dan Nikmat Spesial Lebaran Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar