Selasa, 11 Oktober 2016

9 Manfaat Habbatussauda dan Efek Sampingnya

Manfaat Habbatussauda
Apa manfaat Habbatussauda untuk kesehatan? ketahui juga efeksampingnya. Simaklah informasi berikut beserta cara membuat ramuannya. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Jintan Hitam, jenis tanaman ini memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.
Habbatussauda merupakan salah satu jenis tanaman yang sering kita temukan di indonesia, tanaman ini sering digunakan untuk dijadikan sebagai bumbu masakan. Tanaman herbal ini telah dimanfaatkan untuk pengobatan sejak 2000 sampai 3000 SM, sejak itulah tanaman jantan hitam ini mulai dikembangkan untuk dijadikan sebagai obat herbal yang mujarab.
Habbatussauda tidak hanya dikenal di negara indonesia, tetapi diberbagai negara pun tanaman ini sangat dipercaya akan keampuhannya dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Di setiap negara, tanaman ini memiliki sebutan nama yang berbeda-beda seperti di arab saudi tanaman ini disebut dengan nama habbatul barakah, di negara inggris tanaman ini disebut dengan nama black seed, black caraway, natura seed, love-in-the-mist, nutmeg flower, black cumin. Dinegara malaysia dikenal dengan nama jintan hitam, dinegara turki dikenal dengan nama corek out, dinegara india dikenal dengan nama kalonji.
Karakteristik Habbatussauda
Jenis tanaman Habbatussauda memiliki ciri-ciri seperti berikut, diantaranya yaitu :
  • Tanaman Habbatussauda merupakan jenis tanaman herbal yang berdiri tegak
  • Tanaman ini memiliki ketinggian mencapai 70 cm
  • Tanaman ini memiliki bentuk batang yang bercabang-cabang
  • Daun tanaman Habbatussauda memiliki ciri-ciri seperti daunnya yang berseling, berbulu halus dan memiliki tangkai yang kuat.
  • Memiliki warna daun yang hijau dan dapat berubah warna menjadi cokelat kemerah-merahan.
  • Tanaman Habbatussauda dapat tumbuh bunga disekitar ujung batang atau disekitar cabangnya, serta memiliki tangkai bunga yang panjang dan dipenuhi dengan bulu-bulu halus.
  • Bunga yang tumbuh pada tanaman jintan, memiliki warna putih kekuning-kuningan.
  • Buah yang dihasilkan menyerupai bentuk kapsul dengan warna buah hijau keabu-abuan
  • Dari setiap buah jintan, terdapat biji buahnya sekitar 3-4 biji yang berwarna hitam
  • Bentuk biji buah Habbatussauda berbentuk segitiga dan memiliki aroma yang sangat khas serta memiliki kandungan minyak di dalamnya.
Kandungan Senyawa
Kandungan Biji HabbatussaudaKandungan senyawa yang terdapat pada Habbatussauda cukup banyak, tanaman ini memiliki senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa kandungan senyawa yang terkandung di dalam biji buah Habbatussauda, diantaranya yaitu :
  • Minyak asiri
  • Saponin
  • Thimoquinone
  • Minyak padat
  • Nigellone
  • Minyak lemak, dan
  • Alkaloid

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan Tubuh

Habbatussauda memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :
  1. Dapat bersifat antibakteri
  2. Dapat mengatasi penyakit diabetes atau kencing manis
  3. Dapat membantu dalam menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh
  4. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  5. Dapat mencegah dan membunuh perkembangan sel kanker di dalam tubuh, ini dikarenakan di dalam Habbatussauda terdapat kandungan thymoquinone dan juga thymohydroquinone yang merupakan salah satu kandungan senyawa antikanker.
  6. Dapat membantu melancarkan buang angin, ini dikarenakan kandungan senyawa di dalam Habbatussauda dapat bersifat karminatif.
  7. Dapat mengatasi sakit perut
  8. Dapat menghangatkan badan, sehingga dapat mencegah masuk angin.
  9. Mengatasi pencernaan
Itulah manfaat Habbatussauda yang cukup banyak dan berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Cara Membuat Ramuan Habbatussauda

Habbatussauda merupakan salah satu jenis tanaman yang hampir semua bagian tanamannya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat herbal yang sangat berkhasiat, tanaman ini dapat diolah secara tunggal atau dikombinasikan dengan jenis obat-obatan herbal lainnya.
Pengolahan jintan untuk mengatasi gangguan pencernaan
Cara yang paling umum dilakukan banyak orang yaitu dengan mengolahnya untuk dijadikan sebagai minuman, proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah dan sederhana. Cukup dengan menyiapkan dan meletakan jintan sebanyak 3 gram pada sebuah cangkir, lalu seduh dengan menggunakan air panas dan diamkan selama beberapa menit hingga warna airnya berubah. Setelah cukup hangat, saring dan minuman jintan pun siap untuk diminum dan anda dapat merasakan khasiatnya. Minum secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari, biasanya setelah 2-3 kali minum minuman ini kesehatan pencernaan pun akan berangsur membaik.
Cara pengolahan Habbatussauda, diantaranya yaitu :
Cara pertama
Bahan-bahan :
  • 1 sendok teh, Habbatussauda bubuk
  • 2 siung, bawang putih (iris kasar)
  • 1 gelas, air panas
Cara membuat ramuannya :
  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan memasukan semua bahan yang telah disiapkan kedalam wadah yang berisi air panas.
  • Setelah itu, aduk semua bahan sampai bercampur merata.
  • Kemudian, air rendaman tadi disaring dan diamkan hingga air hangat-hangat suam.
  • Minum air Habbatussauda tersebut secara teratur setiap pagi sebelum sarapan.
Cara kedua
Bahan-bahan :
  • 1 kg, minyak Habbatussauda
  • 1 kg, madu murni
  • ½ gelas, jus lemon
Cara membuat ramuan:
  • Campurkan minyak Habbatussauda dengan madu murni di dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur merata.
  • Setelah itu, panaskan diatas api kecil selama 15 menit
  • Lalu minum sebanyak 1 sendok makan setiap pagi dan sore hari, lakukan pengobatan ini secara teratur hingga 3 minggu berturut-turut sampai kondisi kesehatan anda kembali pulih.

Efek Samping Habbatussauda

Tidak disarankan diminum bagi ibu hamil muda, karena kandungan senyawa yang terdapat didalamnya dapat mengganggu kesehatan janin yang ada dalam kandungan.
Tanaman jintan hitam merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sangat berkhasiat untuk kesehatan seperti mengobati berbagai jenis penyakit dan mengatasi masalah kecantikan. Bahkan khasiat dari tanaman ini telah terkenal sejak pada jaman Nabi Muhammad Saw. Pada jaman itu rasululloh sudah menggunakan tanaman jintan hitam sebagai media pengobatan untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sangat ampuh.
Walaupun tanaman obat ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, bukan berarti tanaman ini dapat dimanfaatkan sesuka hati. Namun perlu anda ketahui, jika tanaman jintan hitam memiliki efek samping yang dapat menimbulkan efek panas yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan, efek panas yang dihasilkan dari jintan hitam ini dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda. Maka dari itu, bagi para ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis produk yang menggunakan bahan dasar dari tanaman jintan hitam.
Baca juga makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat berguna bagi anda para wanita yang sedang hamil, karena menjaga kandungan itu penting untuk dilakukan. Atau setidaknya dapat menambah pengetahuan kita.
Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Anwar Gilani beserta dengan teman-temannya yang lain dari Departement Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Meedical College, Karachi, Pakistan, yang diterbitkan oleh Pakistan Journal Biological Sciences pada tahun 2004 menyimpulkan bahwa jika seseorang yang sedang hamil muda, jika mengkonsumsi jintan hitam dengan dosis yang berlebih dapat menyebabkan trjadinya keguguran pada kandungannya. Setelah itu penelitian ini diperkuat oleh peneliti dari india yang mencoba membuktikannya terhadap seekor tikus yang sedang hamil, tikus tersebut diberikan suntikan ekstrak jintan hitam. Hasil yang ditemukan yaitu kandungan etanol yang terdapat pada jintan hitam mampu menyebabkan terjadinya induksi pada tikus dengan masa kehamilan 14 sampai 16 post coitum.
Dari hasil penelitian yang dilakukan kedua peneliti tersebut telah membuktikan bahwa, tanaman jintan hitam memang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan terutama jika usia kehamilannya itu masih sangat muda karena dapat mengakibatkan terjadinya keguguran. Selain itu, mengkonsumsi tanaman jintan hitam secara berlebihan pun dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya, baik pada pria ataupun wanita. Sebaiknya tanaman obat ini dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya saja. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memgkonsumsi tanaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar