Minggu, 19 April 2015

Mengatasi Kebotakan

Banyak orang mengharapkan hasil yang super cepat dalam melakukan perawatan rambut rontok, padahal minimum waktu yang diperlukan untuk melakukannya adalah 3 bulan.

Masalah yang umum terjadi lainnya adalah pemilihan cara perawatan yang tidak sesuai dengan permasalahan yang dialami rambut. Tak jarang orang memilih membayar mahal untuk perawatan yang salah. Ada banyak tipe perawatan yang ada, tapi tidak semuanya cocok untuk kita. Kita bisa berkonsultasi pada salah seorang ahli untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk rambut kita. Masalah-masalah lain yang menyebabkan rambut rontok diantaranya adalah usia, masalah kesehatan, pola makan, dan kosmetik rambut.

Perubahan hormon adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan rambut rontok.  Postpartum hair falling biasa dijumpai pada wanita pascamelahirkan. Perawatan dasar yang biasanya disarankan oleh para dokter adalah menggunakan obat-obatan perawatan rambut. Pasien biasanya mengambil pengobatan secara herbal dan medis. Sebagai suplemen pendamping vitamin B kompleks, zat-zat mineral dan asam lemak juga diberikan pada para pasien. Propecia adalah bahan utama dalam obat-obatan perawatan rambut rontok.

Perawatan secara herbal terdiri dari perawatan menggunakan masker, minyak, serum, dan sebagainya. Sejumlah produk perawatan rambut herbal dapat dijumpai di berbagai supermarket. Beberapa diantaranya telah terbukti mampu mengatasi masalah rambut rontok. perawatan rambut rontok mengandung dua hal penting, yang pertama menguatkan akar rambut dan mencegah lebih banyak rambut yang rontok, dan kedua untuk menumbuhkan rambut.

Rambut rontok yang dialami para pria biasanya disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT)  yang menghambat pertumbuhan rambut yang pada akhirnya menyebabkan kebotakan. Wanita, sebaliknya, mengalami pengurangan jumlah rambut normalnya setelah mereka mengalami menopause. Metode operasi dapat dilakukan untuk menangani rambut rontok setelah cara obat-obatan dan herbal tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Beberapa orang memililih melakukan pengobatan laser dan transplantasi rambut untuk secara permanen mendapatkan rambut yang sehat dan tebal. Solusi terakhir yang biasa diambil adalah dengan kosmetik rambut seperti hair extension, rambut palsu, atau wig.

Berikut adalah beberapa sebab rambut rontok karena kebiasaan  kurang baik yaitu:
  1. hot curling atau pun melakukan flat iron
  2. kebiasaan mengikat rambut dengan kencang
  3. terlalu sering mencuci rambut menyebabkan kadar minyak rambut menjadi berkurang dan membuat rambut menjadi mudah patah.
  4. keseringan mengeringkan rambut dengan hair dryer
  5. sisir yang tidak cocok atau sisir yang memiliki gerigi rapat yang bisa merusak rambut

Penyebab rambut rontok yang disebabkan karena tubuh anda tidak sehat antara lain
  1. Anemia
  2. Obat-obatan tertentu Obat-obatan keras,seperti antidepresan, diuretik, dan pil Rx memiliki efek samping kerontokan rambut.
  3. Hypoatauhyperthyroidism
  4. Kekurangan kalori
  5. Stres
  6. keturunan
  7. umur
  8. hormon
  9. Trikotilomania

Ganguan mental yang membuat seseorang untuk menjambak rambut sendiri sehingga mengalami rambut rontok yang parah
  1. Jamur dermatophytosis dan ketombe
  2. Rokok

Dari beberapa faktor alasan di atas, faktor umur dan keturunan tidak bisa dihindari karena ini adalah kodrat manusia. Dengan perkembangan teknologi, beberapa faktor diatas bisa diatasi dengan cepat tanpa merusak rambut terkecuali obat yang digunakan memang tidak cocok sehingga lebih dianjurkan menggunakan perawatan rambut yang terpercaya.

Berikut adalah tips perawatan rambut rontok dan cara menyuburkan rambut rontok :

Perawatan rambut rontok
  1. Atur pola makan pilih makanan yang bernutrisi karena dapat meregenerasi sel sel kulit, seperti halnya sel kulit rambut. Beberapa makanan itu adalah sayuran hijau (bayam dan brokoli), lentil, kacang merah, telur, sereal gandum whole grain, tiram, skim milk dan yogurt juga pada wortel.
  2. Hidup sehat
  3. Terbebas dari stress
  4. Hindari sinar matahari secara berlebihan
  5. Sering pijat kepala Anda saat keramas  

Untuk Info Lebih Jelas Ramuannya KLIK DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar